welcome -- selamat datang Para pembaca tercinta ,selamat membaca, penulis Yogi Permana,S.Pd.I-- ...

Monday 17 August 2020

Bab. 1 Materi 03 "Showing Appreciation/Compliments (menunjukkan penghargaan/pujian)" SMP 8 SMT1 K13 REVISI

 

Kelas 8.1 – 8.6 (Yogi Permana, S.PdI)

Kelas 8.7 – 8.11 (Efit Nurmania, S.Pd)

Bab. 1  Materi 03 "Showing Appreciation/Compliments (menunjukkan penghargaan/pujian)"

Showing appreciation/compliments adalah ungkapan yang digunakan untuk memberi penghargaan atau pujian atau komentar terhadap seseorang mengenai penampilan, prestasi, dan sebagainya. Showing appreciation ini bisa juga disebut Admiration

Expression of Appreciation/Compliments:

1. Well done! (Sudah selesai dilakukan dengan baik!)

2. That’s great! (Itu hebat!)

3. How beautiful you are! (Betapa cantiknya kamu!)

4. What a nice shirt! (Sungguh baju yang bagus!)

4. Nice work! (Kerja bagus!)

5. You’re great! (Kamu hebat!)

6. I appreciate your effort (Saya menghargai usahamu)

7. How clever you are! (Alangkah pintarnya kamu)

8. I like you ....( Saya suka kamu...)

9. Good job (Kerja bagus)

10. So tasty (Sangat lezat)

Etc (dll)

Responses:

1.Thank you / thanks (Terima kasih)

2. That’s very kind of you (Kamu sangat baik)

3. Yeah, thanks (Ya terima kasih)

4. It’s nothing (Tidak apa)

5. I’m glad you like it (Aku senang kamu menyukainya)

6. Thanks. It’s nice of you to say so (Terima kasih. senang kamu mengatakannya)

7. Do you really think so? (Apa kau benar-benar berpikir begitu?)

8. Many thanks / Thank you so much (Terimakasih banyak)

9. All I can say is thank you.

(Yang bisa saya katakan hanya terima kasih.)

10. Thank you from the bottom of my heart.

(Terima kasih dari lubuk hati saya yang mendalam.)

Etc (dll)

Untuk memberi pujian atau kekaguman kepada seseorang kita dapat menggunakan kalimat kekaguman dengan menggunakan “How/What”. How atau what di sini bukan berarti kata tanya atau question word tetapi berati “Alangkah, betapa atau sungguh”

Contoh:

1. How handsome you are! (Alangkah gantengnya kamu)

2. How smart you are! (Betapa pintarnya kamu)

3. How clean this room is! (Sungguh bersih ruangan ini)

4. What a kind man he is! (Betapa baiknya laki-laki itu)

5. What a nice t-shirt! (Betapa bagus kaos ini)

6. What an expensive motorcycle it is! (Alangkah mahalnya sepeda motor itu)

7. What cheap laptops they are! (Sungguh murah laptop-laptop itu)

Contoh dialog giving appreciation for someone:

Dialog 1:

A : Hi, B. What do you think about my dress? (asking for opinion) Hai, B. Apa pendapat kamu tentang gaun saya? (meminta pendapat)

B: It look so beautiful. Is it a new dress? (giving appreciation) Ini terlihat sangat indah. Apakah ini baju baru? (memberi penghargaan)

A: Thank you. No, it's an old dress, but my mother redesigned it. (Terima kasih. Tidak, itu gaun lama, tapi ibuku mendesain ulangnya.)

B: But, it is not old at all. And you suit to wear it. (giving appreciation) Tapi, itu sama sekali tidak terlihat lama. Dan kamu cocok memakainya. (memberi penghargaan)

A: Thank you, B. Wow, you look nice with your hair cut. (giving appreciation) Terima kasih, B. Wow, kamu terlihat cantik dengan potongan rambutmu. (memberi penghargaan)

B: Really? Do you like it? (Benarkah? Apakah kamu menyukainya?)

A: Yes, of course. You look more beautiful than before. (giving appreciation) Ya tentu saja. Kamu terlihat lebih cantik dari sebelumnya. (memberi penghargaan)

B; Thank you.

Dialog 2:

Son: Dad, I am really sorry. (Ayah, saya sangat menyesal)

Dad: What happened? Why do you look so sad? (Apa yang terjadi? Kenapa kamu terlihat sangat sedih?)

Son: I got bad score for my English final test, Dad.(Saya mendapat nilai buruk untuk tes akhir bahasa Inggris saya, Ayah.)

Dad: Let me see it. (Biar saya lihat.)

Son: I am sorry, Dad. I studied last night, but I didn't do it. (Saya minta maaf, Ayah. Saya sudah belajar tadi malam, tapi saya tidak bisa melakukannya.)

Dad: Hmmm.. It's okay, Son. I knew you studied hard last night. Don't give up. (Hmmm .. Tidak apa-apa, Nak. Aku tahu kamu belajar keras tadi malam. Jangan menyerah.)

Son: Thank you, Dad. You are the best father. (giving appreciation) Terima kasih, Ayah. Anda adalah ayah terbaik. (memberi penghargaan)

Dad: I proud of you because you are my son and you never give up. (giving appreciation) Aku bangga padamu karena kamu anakku dan kamu tidak pernah menyerah. (memberi penghargaan)

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...